Minggu, 04 April 2010

TWITTER MEDIA SOCIAL NETWORK


Akhir-akhir ini aku agak rajin update status di account Twitter ku walaupun sebenarnya udah register di social networking ini sekitar setahun lalu. Menarik juga melihat suasana di situ, kebetulan sebagian besar (hampir 95 %) following dan follower ku adalah orang asing (luar Indonesia). Dan sebagian besar pula mereka udah berusia matang (di atas 30 tahun, malah banyak juga yang sudah berkepala 5 usianya). Ini menunjukkan bahwa di luar negeri penggunaan internet khususnya twitter memang sudah sangat memasyarakat sejak lama.

Beda dengan di Indonesia yang akhir-akhir ini mulai marak, kebanyakan penggunanya adalah orang-orang yang relatif muda. Hanya sebagian kecil saja pengguna-pengguna yang udah senior (baca: orang tua). Sedih juga yaa, masih banyak orang dewasa yang belum melek internet, akhirnya kalah dengan perkembangan anak-anak mereka sehingga banyak efek negatif yang terjadi gak bisa dihindari oleh orang tua mereka karena keterbatasan pengetahuan dan ketertarikannya pada dunia internet. Ok, aku gak mau ngelantur terlalu panjang deh. Aku cuman mau bikin sedikit cerita tentang twitter.

Twitter ini merupakan media social networking dan microblogging yang dibuat oleh Jack Dorsey pada tahun 2006. Media ini memberi layanan yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang dikenal sebagai tweets. Tweets adalah berbasis teks posting sampai 140 karakter ditampilkan pada halaman profil anggota dan disampaikan kepada pelanggan penulis yang dikenal sebagai pengikut (follower). Sedang bila kita mengikuti penulis lain atau member lain dikenal dengan istilah mengikuti (following).

Media ini sangat terkenal di Amerika Serikat bahkan digunakan dalam mendapatkan suara oleh Barach Obama dalam masa pemilihan presiden AS. Dan ternyata dia mendapat hasil yang signifikan dari pendekatan via media twitter. Sepertinya trik pendekatan ke masyarakat umum mulai juga digunakan oleh para pejabat pemerintah di Indonesia. Tapi kebayakan masih memakai jejaring sosial Facebook dan belum banyak yang menggunakan Twitter. Media ini juga bisa digunakan dalam proses hukum, kontrol politik, media informasi untuk pendidikan, bisnis, dan masih banyak lagi.

Ok, udah lumayan panjang aku ceritakan sedikit tentang Twitter, mungkin kalo kalian belum punya account Twitter bisa daftar dengan cara sangat mudah dan simpel asalkan sudah punya alamat email, hanya dengan mengisi data di sini.
Kalo sudah punya account twitter, jangan lupa following aku ya di account-ku :
  1. Aqillamom

  2. Nuraqilla


Aku tunggu kalian, Insya Allah aku bakal following balik deh. Oh ya, aku juga gak sabar nunggu tweets dari kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please leave me the comment...