Rabu, 28 April 2010

NGE-BLOG DENGAN HATI

Siang tadi gak sengaja waktu browsing ketemu salah satu Note punya Dewi “Dee” Lestari di account Facebooknya yang berjudul “Nge-blog Dengan Hati”. Di note itu dia bercerita tentang perjalanan bloggingnya yang pada awalnya gak begitu minat dengan blog karena memang dia biasa nulis dalam bentuk buku, tapi akhirnya jadi intens untuk nulis dan berinteraksi dengan blog-walker yang sempet ninggalin komentar di blognya. Dunia blogger memang menarik.

Kisah selanjutnya dia menceritakan tentang permintaan temannya dari satu penerbit utk menuliskan komentarnya pada satu buku yang rencananya mau diterbitkan. Dan buku itu ternyata berisi tulisan dari satu blog yang kemudian dibukukan oleh penerbit itu. Buku itu berjudul “Nge-blog Dengan Hati” karya salah satu blogger menyebut dirinya Ndoro Kakung.

Memang sudah banyak tulisan-tulisan dari blog yang akhirnya diterbitkan dalam bentuk buku. Tentu saja tulisan-tulisan yang sesuai dengan standart penerbit yang akhirnya bisa diterima dan dibukukan. Dewi pun mengulas bahwa di dunia per-blogging-an banyak tulisan2 yang hanya sekedar semacam diary atau menceritakan hal2 yang gak berisi/berbobot yang menurutnya disebut “diare kata-kata”. Tapi tentu saja banyak juga isi tulisan di blog yang berbobot.

Kalo menurutku pribadi sih, apapun isi tulisan dari suatu blog merupakan bentuk ekspresi dari pemikiran si penulis atau pemilik blog dengan tujuan tertentu. Entah itu yang sifatnya ringan maupun berbobot. Ada yang hanya menuliskan kisahnya sehari-hari, tentang ilmu pengetahuan, tentang pemikiran terhadap suatu peristiwa, atau bahkan hanya suatu kumpulan resep masakan. Seperti tulisanku beberapa waktu lalu dengan judul Amal Jariyah Dari Sebuah Blog yang berisi pemikiranku terhadap suatu blog ternyata jadi sumber amal jariyah karena pemilik blog itu sudah meninggal tetapi masih banyak pengunjung yang nengok dan ambil manfaat dari blog itu.

Terus terang saya banyak mengambil manfaat dari isi tulisan2 di blog orang lain. Saya banyak belajar dan mendapat ilmu dengan rajin melakukan blog walking. Dan akhirnya saya pun juga jadi tergerak untuk menuliskan apa yang ada di pikiranku, walopun bukan termasuk yang rajin nulis. Hanya saat lagi mood atau ada hal yang menurutku penting untuk dicatat dalam tulisan di blog pribadiku. Sebenarnya memang gak hanya satu blog pribadiku. Ada beberapa blog yang aku buat sebagai tempat curahan hati dan pemikiranku, juga blog yang isinya suatu kumpulan informasi.

Jadi buat siapa saja yang ingin mengekspresikan pemikirannya gak usah ragu2 dengan menuangkan dalam bentuk tulisan di blog. Karena memang gak susah dan banyak penyedia media blog gratis di dunia maya. Dengan seringnya menulis dan membaca tulisan orang lain lama-lama kita terbiasa menuangkan apa yang ada di pikiran kita dalam bentuk tulisan di blog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please leave me the comment...